Rabu, 27 Oktober 2010

Analisa Pesaing

Dalam dunia bisnis, pasti terdapat persaingan antara yang satu dengan yang lainnya. Dalam hal ini, kita perlu menganalisa bagaimana tingkah laku pesaing tersebut di dalam dunia bisnis. Dalam dunia bisnis salon, Banyak yang harus diperhatikan dalam menganalisa suatu pesaing, misalnya saja seperti persaingan nama, persaingan harga, persaingan produk, persaingan hasil kerja atau kualitas.

Seperti yang telah kita ketahui, sekarang-sekarang terdapat banyak salon ternama yang menjadi saingan dari salon J.A. Mereka juga mempunyai kualitas yang tidak kalah dengan salon J.A. Misalnya saja salon R.H, salon CHR. mereka sudah mempunyai nama, cukup banyak masyarakat yang mengenalnya. Mereka juga mempunyai pegawai-pegawai yang terampil dalam bidangnya, agar pengunjung yang datang mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginannya. Maka dari itu, untuk bertahan dari persaingan perlu dilakukan analisa pesaing, diantaranya dalam hal :

  • Persaingan nama : Masing-masing dari salon yang telah disebutkan di atas, sukup banyak masyarakat yang mengenalnya. Salon-salon tersebut dikenal karena memang kualitasnya yang baik. Salon R.H, salon ini juga mengeluarkan produk sendiri agar para pengunjung atau konsumennya merasa lebih aman dalam perawatan, terutama dalam perawatan rambutnya. Oleh karena itu, Salon J.A perlu menigkatkan kualitas produk serta mengluarkan produk yang belum ada pada salon-salon yang lain.
  • Persaingan Harga : Pada salon R.H dan salon CHR, biasanya menggunakan strategi pemotongan harga untuk menarik pengunjung agar lebih banyak. Sampai tahap ini pun, salon J.A juga memakai strategi itu untuk menarik pengunjung lebih banyak
  • Persaingan produk : Salon R.H juga mengeluarkan produknya sendiri sama dengan salon J.A. Masing-masing produknya mempunyai kualitas yang cukup baik. Oleh karena itu salon J.A perlu meningkatkan produk-produk yang dibuatnya. Selain itu, salon R.H dan salon J.A juga mempunyai sekolah untuk orang-orang yang ingin ahli dalam bidang perawatan.
  • Persaingan kualitas kerja : Untuk salon R.H mempunyai pegawai yang terampil dan juga pegawai yang masih dalam pembelajaran atau biasa yang disebut dengan "training", hal ini sama halnya dengan salon J.A. Sedangkan pada salon CHR, tidak seperti salon R.H dan salon J.A, namun tetap mempunyai pegawai yang terampil.
Berikut merupakan beberapa hasil dari analisa pesaing yang dapat diperhatikan, agar dapat mempertahankan atau bahkan meningkatkan kualitas dari pesaing bisnis lainnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar