Senin, 04 Oktober 2010

Perkembangan bisnis di Indonesia

Perkembangan Bisnis Informatika di Indonesia

Perkembangan bisnis informatika di Indonesia semakin meningkat. Hal ini dikarenakan semakin banyak yang berminat untuk memulai bisnis informatika. Apalagi didukung zaman yang sudah semakin maju ini. Saat ini sudah banyak orang-orang Indonesia yang menggunakan elektronik dalam bidang bisnis, hal tersebut merupakan salah satu yang mempengaruhi perkembangan bisnis informatika di Indonesia. Masyarakat mempunyai anggapan bahwa bisnis informatika di Indonesia mempunyai potensi yang menjanjikan untuk masa depan. Agar bisnis dapat berjalan dengan lancer dibutuhkan kualitas teknologi yang baik, apalagi saat ini kemajuan teknologi sudah semakin pesat.

Jenis-jenis bisnis TIK

· E-Commerce merupakan salah satu yang sering terdengar di telinga masyarakat. E-commerce adalah istilah perdagang atau jenis transaksi bisnis melalui internet. Terdapat istilah-istilah dalam e-commerce, diantaranya :

- B2B (business to business) : transaksi yang terjadi antara usaha dan usaha baik pelanggan maupun pemasok.

- eMarketplace : Transaksi yang terjadi dimana pembeli dan penjual dapat berinteraksi di dunia maya.

- B2C (business to consumer) : transaksi yang terjadi antara usaha dan konsumen secara langsung.

· E-Government merupakan teknologi informasi yang digunakan oleh pemerintahan. Dengan adanya teknologi informasi ini, dapat meningkatkan hubungan antara pemerintah dengan pihak-pihak lain. Teknologi informasi ini juga membentuk hubungan seperti :

- G2C (Government to citizen)

- G2B (government to business)

- G2G (government to government)

· Selain hal kedua di atas, TIK juga berperan dalam bidanng pendidikan dan kesehatan.

- Peran TIK dalam bidang pendidikan telah memberikan teknologi pembelajaran. Saat ini internet dapat digunakan untuk mencari informasi bagi para pelajar. Dengan internet pelajar dapat dengan mudah mendapatkan informasi.

- Peran TIK dalam bidang kesehatan telah member kemudahan juru medis untuk mendeteksi riwayat penyakit pasien dengan menggunakan sistem “smart card”..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar